Tuesday, December 8, 2015

Dulu dianggap Sudah Busuk Sekarang dianggap Masih Bagus

Dua hari yang lalu saya menemani istri ke pasar untuk berbelanja. kami naik angkutan umum jurusan MUNCUL - KALIDERES.

Penumpang / Sewa angkot tersebut hanya 4 orang, saya dan istri saya di tambah satu sewa yang duduk di sebelah kami dan satu sewa lagi duduk di sebelah bang supir.Saya lihat penumpang yang duduk di depan dan supirnya sudah berumur dan melihat logatnya juga supir tersebut adalah orang setempat, 

Sebenarnya sich perjalanan naik angkot biasa biasa saja, tapi percakapan dua orang tua yang didepan membuat saya tertarik untuk mendengarnya dan menceritakannya di blog saya ini.

Percakapan mereka yang membuat saya tertarik itu seperti berikut ini.

Sang Supir membuka percakapan

Supir : Macetnya parah... 

Penumpang : Ia.. benar, habis mau gimana lagi yang jualan sudh sampai di tengah jalan.

Supir : Ia ya pak, makin lama malah makin semeraut ya.. ngomong - ngomong bapak mau kemana ?

Penumpang : Mau ke Pasar..

Supir : Belanja Pak ?

Penumpang : Ia.. ada yang mau dibeli..

Supir : Beli keperluan dapur ya pak ?

Penumpang : Gak.. kalo itukan tugas istri saya...

Supir : Benar juga ya.. 

Untuk sementara percakapan mereka berhenti sampai disini,tapi di perjalanan saat sang supir manikkan penumpang, bapak yang duduk didepan kembali mulai percakapan.

Penumpang : Bapak umurnya berapa ?, masih sanggup aja narik angkotnya..

Supir : heheh.. (tertawa kecil, lalu menjawab) 69, tapi yach.. begitulah pak, kalo tidak begini ya tidak makan, kan saya taunya cuma narik angkot, kalo bapak umurnya berapa ?

Penumpang : Saya 72 tahun..

Supir : Masih sehat ya pak.. kalau orang jaman sekarang 50 keatas saja sudah pada sakit2an

Penumpang : Ia.. mungkin pengaruh makanan juga.

Supir : Benar pak, Orang tua saya, bapak saya saja yang umurnya sudah 92 tahun masih sehat, masih sanggup jalan sendiri. Matanya juga masih bagus, kalo untuk sekedar baca koran masih bisa.

Sebenarnya sich percakapan mereka biasa biasa saja, tapi yang makin membuat saya tertarik saat penumpang memulai percakapan lagi.

Penumpang : Hebat ya pak.. masih bisa seperti itu, memang kelihatan bedanya makanan jaman kita dan orang tua kita dulu sama yang sekarang ya.

Supir : Benar pak,, kalo sekarang semua makanan pakai pengawet, ada yang dikasih formalinlah, boraxlah, pewarna tekstillah, banyaklah... aneh anehlah pokonya

Penumpang : Ia.. kalo Jaman kita dulu ikan yang banyak lalatnya itu berarti busuk, kalo sekarang malah sebaliknya, ikan yang dilalatin itu malah ikan yang bagus. itukan sama aja dengan yang kita anggap busuk dulu sekarang dianggap bagus.. makanya orang2 jaman sekarang jadi gampang kena penyakit. karena kalo makanannya tidak mengandung pengawet berarti yang dimakan ya busuk (dengan mimik yang sedikit ksedih dan kecewa).

Supir : Betul.. betul.. dulu saya ingat, kalo istri beli tahu dan di goreng itu rasanya enak sekali. Tahunya juga tetap lembek, gampang rusak gitulah. Tapi sekarang coba aja dilihat, tahunya pas di goreng malah makin keras, udah gitu rasanya gak seenak dulu lagi, yang paling anehnya, tahunya kalo kita pake untuk lempar anjing, anjingnya bisa teriak2,, hahahha.. padahal dulukan gak begitu.

Penumpang : Yach.. begitulah pak.. orang2 makin maju malah makin sakit, makin gak peduli dengan orang lain, makin egois dan makin jahat. 

Berhubung karena sudah sampai Pasar percakapanpun berhenti sampai disini.

Dalam hati saya jadi berkata sendiri " Benar juga kata - kata bapak itu, orang2 makin maju malah makin jahat, bukannya makin baik bahkan makanan yang dulunya berlalat itu busuk sekarang yang berlalat malah dianggap bagus, mungkin kita orang2 jaman sekarang ini harus belajar lagi tentang banyak hal sama orang tua jaman dulu".

Sekian
Silahkan di ambil Positifnya dan dibuang Negatifnya

Salam,
Mejuah - juah

R. G. T



No comments :