Monday, March 23, 2015

Lagu Perkolong - kolong

Saya bukanlah seniman, sejarahwan ataupun budayawan, tetapi saya hanyalah salah satu dari masyarakat bangsa karo yang mencintai budaya karo, melalui tulisan ini saya ingin lebih memperkenalkan suku karo kepada khalayak umum dan juga sebagai sarana bagi saya untuk lebih memahami budaya dari suku saya sendiri.karena dengan membuat tulisan ini saya harus membaca banyak artikel & buku mengenai suku karo

Seluruh tulisan mengenai budaya karo yang saya tulis dibawah ini, saya rangkum dari berbagai sumber. Rangkuman tersebut tentunya saya buat sesuai dengan pemahaman saya tentang karo, kalau ada kekurangan mohon maaf dan mohon koreksinya.

Seperti yang saya tuliskan pada artikel seblumnya yang berjudul Seni Musik Tradisional Karo, Perkolong – kolong atau yang pada awalnya disebut dengan ppermangga - mangga adalah orang yang terampil menari dan dapat memikat hati sesorang, lagu yang dinyanyikan perkolong – kolong merupakan lagu yang bertujuan untuk menghibur.
Perkolong – kolong ini biasanya tampil/di undang pada acara pernikahan, kerja tahun dan acara – muda mudi lainnya. Berikut ini adalah beberapa lalgu perkolong – kolong yang cukup terkenal pada jamannya :
1.      Lagu Tinggal Lingga
2.      Lagu rimo Malem
3.      Lagu Terung Belgang
4.      Lagu Jantur – jantur
5.      Perlanja Mayang
6.      Lagu kolong - kolong
7.      Lagu Lego – lego
8.      Sagu Sanggar – sanggar
9.      Lagu Musuh suka
10.  Lagu Lelang – lelang
11.  Lagu Ombak – ombak lau biang
12.  Lagu Ombak – ombak lau bampu
13.  Lagu Gelang – gelang
14.  Lagu dinding – dinding
15.  Lagu Onang – onang
16.  Lagu cike cur
17.  Lagu Tang tendeng
18.  Lagu Tarlintang tar
19.  Lagu Lasam – lasam Lagu mehuli
20.  Dan lain – lain

Selain lagu – lagu diatas sebenarnya masih banyak lagi lagu lainnya, namun saat ini lagu – lagu tersebut mungkin sudah banyak yang dilupakan dan hanya segelintir orang yang mengingatnya, itu pun mungkin hanya mereka lahir pada masa lagu tersebut sering dinyanyikan dan masih hidup hingga saat ini.

Sumber : Dari Berbagai Sumber

I am Indonesia and I am Karo
Mejuah - juah man banta kerina


R.G.T



No comments :